Sunday, 16 March 2014

TRANSFORMASI DATA DENGAN SOTWARE STATISTIK

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai jenis-jenis transformasi data dan bagaimana cara menggunakan transformasi data variabel untuk memperoleh data yang berdistribusi normal. Nah..berikut kita coba untuk menerapkannya ke sebua contoh data yang tidak berdistribusi normal dengan menggunakan software statistik seperti Minitab dan SPSS (Sebelumnya saya kira SPSS tidak memberikan analisis untuk transformasi data, namun hal tersebut salah).

Berikut kita ambil sebuah contoh data Kualitas Pelayanan Pramuniaga, untuk melihat langkah-langkah bagaimana mentransformasikan data variabel dengan menggunakan software Statistic 21. Misalnya kita akan mentransformasi variabel kualitas pelayanan pramuniaga ke bentuk logaritma (X1), dimana X1 adalah kualitas pelayanan pramuniaga. Berikut langkah-langkahnya :
  • Klik Transform -> Compute Variable
  • Pada Compute Variable isikan kolom Target Variable dengan nama variabel baru untuk data setelah ditransformasi. Misalnya X1a. Jika Anda klik Type &  Label, maka kolom Label adalah untuk nama variabel dan kolom Type adalah jenis data apakah berupa numeric atau string. Untuk data ini kita pilih Numeric.
  • Selanjutnya, coba perhatikan kolom sebelah kanan yaitu Function Group, merupakan formula yang akan kita gunakan untuk mentransformasi data. Dalam hal ini kita akan menggunakan Log10. Anda cukup mencari Log10 dan pada kolom Function and Special Variabels akan muncul formula Log10 yang kita cari dan pada kolom tengah akan adalah penjelasannya.
  • Untuk mentransformasi data variabel, silahkan perhatikan ke kolom Numeric Expression. tertulis LG10(X1), artinya kita mentransformasikan variabel X1 menjadi Log10(X1) dan klik OK. Secara langsung kita juga dapat ketikkan formula tanpa harus mencarinya pada kolom Function Group.
  • Untuk hasil data yang sudah ditranformasi, dapat dilihat pada Data View.
  • Kita dapat melihat pada kolom X1a adalah data X1 yang ditransformasikan ke bentuk Log10(X1).
Kita dapat menggunakan langkah yang sama untuk transformasi lainnya, dengan menggunakan formula yang sudah disediakan. Untuk menguji distribusi data tersebut normal atau tidak, kita dapat menggunakan langkah sama dengan uji normalitas biasa. Jika data kita masih tidak berdistribusi normal, lakukan transformasi kembali sehingga menemukan distribusi normal, namun jika tidak memungkinkan, sebaiknya menggunakan alternatif lain yaitu menggunakan uji statistik nonparametrik.

- Selamat mencoba ^_^  -


Reference:
- Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung.
- Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Mediakom. Yogyakarta.
- Sugiyono, 2008. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
- Mendenhall, Sincinch. 1996. A Second Course In Statistics. Regression Analysis. Fifth Edition. Prentice Hall Internatiomal Edition. 










Reactions:

5 comments:

  1. pusing mikir spss
    mampir kesini aja gan http://kask.us/h1NFh
    cuma 50rb

    ReplyDelete
  2. Bagaimana tahapan transformasi data categorik menjadi numerik. Tks

    ReplyDelete
  3. Salah satu metode yang digunakan untuk merubah data ordinal menjadi interval atau rasio adalah dengan metode successive ibterval.
    Postingan nanti akan saya buatkan.

    ReplyDelete
  4. Ka saya ingin bertanya. Penelitian saya mengalami masalah heterokedastisitas setelah data di transformasi ke log ln dan diuji kembali lulus. Saya ingim tanya untuk uji selanjutnya seperti uji otokorelasi, uii t dan uji f menggunakan data yg sudah ditransformasikan atau data yg asli ya ka? Mohon bantuannya ya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai dari pengujian asumsi hingga metode pengolahan data harus gunakan data yang sudah ditransforasi.

      Delete