Thursday, 17 April 2014

CONTOH TWO WAY ANOVA DENGAN MENGGUNAKAN IBM SPSS 21

Sebelumnya kita sudah berikan contoh mengenai ANOVA dua jalur. 
Nah berikutnya kita coba analisa menggunakan IBM SPSS 21 dengan data yang baru. 
Apakah ada pengaruh pemberian kupon dan promosi pada penjualan suatu produk di perusahaan ABC?
Berikut datanya :

Data Penjualan
Berikut langkah-langkahnya :
1. Buka IBM SPSS 21.
2. Definisikan variabel pada Variable View seperti di bawah ini.
 3. Bagian kolom Value untuk baris 2 promosi, isikan data berikut

4. Bagian kolom Value untuk baris 3 Kupon, isikan data berikut 
 5. Pada Data View isikan data seperti di bawah ini
Artinya : pada baris ke-17, kepuasan bernilai 4 dengan promosi yang gencar dan tidak ada kupon.
Dan pada baris ke-22, kepuasan bernilai 7 dengan promosi yang gencar dan ada kupon, dst.
6. Klik Analyze -> General Linear Model -> Univariate 

7. Pada tabel Univariate pindahkan variabel Efisiensi Pemakaian BBM pada Dependent Variable dan variabel Merek Mobil lalu klik OK


8. Diperoleh Output sebagai berikut

Pada tabel Between-Subject Factor menunjukkan jumlah data yang diproses dan masing-masing kategori diberikan informasi jumlah datanya.
Pada tabel Tests of Between-Subject Effects merupakan hasil yang akan dianalisa yaitu 
1. Uji Mean Kepuasan berdasarkan Promosi
a. Variabel Promosi
Hipotesa Uji :
Ho : Rata-rata kepuasan antara promosi tidak gencar, gencar dan sangat gencar adalah sama.
Ha : Rata-rata kepuasan antara promosi tidak gencar, gencar dan sangat gencar adalah beda.
Statistik Uji :
Pilih nilai signifikansi 5%.
Keputusan :
Dari tabel kedua output pada kolom Sig. diperoleh nilai Sig.=0,000 untuk variabel promosi. Karena nilai Sig.=0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan :
Terdapat perbedaan rata-rata kepuasan antara promosi tidak gencar, gencar dan sangat gencar.

b. Variabel Kupon
Hipotesa Uji :
Ho : Rata-rata kepuasan antara diberi kupon dengan tidak adalah sama.
Ha : Rata-rata kepuasan antara diberi kupon dengan tidak adalah beda.
Statistik Uji :
Pilih nilai signifikansi 5%.
Keputusan :
Dari tabel kedua output pada kolom Sig. diperoleh nilai Sig.=0,000 untuk variabel kupon. Karena nilai Sig.=0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan :
Terdapat perbedaan rata-rata kepuasan antara diberikan kupon dengan tidak.


2. Uji interaksi
Hipotesis Uji :
Ho : Tidak terdapat interaksi antara variabel kupon dengan variabel promosi
Ha : Terdapat interaksi antara variabel kupon dengan variabel promosi.
Statistik Uji :
Pilih nilai signifikansi 5%.
Keputusan :
Dari tabel kedua output pada kolom Sig.=0,206 untuk variabel interaksi antara kupon dan promosi. Karena nilai Sig.=0,206 > 0,05, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.
Kesimpulan :
Tidak terdapat interaksi antara variabel kupon dengan variabel promosi.

Dari hasil pengujian diatas diperoleh kesimpulan bahwa adanya hubungan positif antara penjualan dengan pemberian kupon dan promosi. Adanya pemberian kupon dapat meningkatkan penjualan begitunya dengan adanya promosi barang dapat meningkatkan penjualan.

Note : Sebelum melakukan TWO-WAY ANOVA, terlebih dahulu melakukan uji asumsi. Jika terpenuhi maka dapat lanjut ke TWO-WAY ANOVA. 

Reference:
- Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung.
- Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Mediakom. Yogyakarta.
- Sugiyono, 2008. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
- Mendenhall, Sincinch. 1996. A Second Course In Statistics. Regression Analysis. Fifth Edition. Prentice Hall Internatiomal Edition. 
-Walpole, Ronald E. 1992. Pengantar Statistika Edisi ke-3. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.



Reactions:

0 comments:

Post a Comment