Sunday, 8 June 2014

PENGENALAN SOFTWARE STATISTIKA

Dalam memudahkan kita mengolah data dengan analisa statistika, kita dapat menggunakan berbagai macam alat bantu atau software. Adapun software statistika yang dapat digunakan sangatlah banyak namun tidak semuanya memiliki keakuratan yang baik. Ada beberapa software statistika yang sering digunakan baik dalam dunia pendidikan atau pun pekerjaan. 

1. SPSS
Tentu Anda sering mendengar program statistika satu ini, di perkuliahan atau pun di beberapa perusahaan besar pun menggunakan software statistika ini. SPSS singkatan dari Statistical Package for the Social Software. Pertama kali dirilis pada tahun 1968 yang dikembangkan oleh Norman H. Nie dan C. Hadlai Hull. 

SPSS pertama kalo muncul dengan versi PC dengan nama SPSS/PC+ (versi DOS). Setelah mulai populernya sistem WINDOWS maka SPSS berkembang mulai dari versi 6.0 hingga sekarang. SPSS pada awalnya dibuat untuk keperluan pengolahan data statistik untuk ilmu-ilmu sosial (sesuai dengan singkatan dari SPSS itu sendiri).

SPSS pada tanggal 28 Juli 2009 disebut sebagai PASW (Predictive Analytics SoftWare), karena perusahaan ini telah dibeli oleh perusahaan IBM dengan harga US$ 1,2 milyar. Dan pada Januari 2010 menjadi SPSS : Sebuah Perusahaan IBM", dan menjadi nama IBM SPSS yang sepenuhnya diintegrasikan ke dalam IBM Corporation dan merupakan salah satu merk dibawah IBM Software Group Portofolio Bisnis Analytics bersama dengan IBM Cognos.

Adapun IBM SPSS dapat mengolah data :
1. Statistika Dasar: Descriptives Statistics : Cross tabulation, Frequencies, Descriptives, Explore, Descriptive Ratio Statistics.
2. Bivariate Statistics : Means, t-test, ANOVA, Correlation (bivariate, partial, distances), Nonparametric tests
3. Prediction for numerical outcomes : Linear Regression
4. Prediction for identifying groups : Factor analysis, cluster analysis, Discriminant analysis.

Ada beberapa keunggulan diantaranya, yaitu :
1. SPSS dapat membaca dan menulis data dari ASCII file teks, paket statistik lainnya, spreadsheet dan database. 
2. SPSS dapat membaca dan menulis ke eksternal tabel database relasional melalui ODBC dan SQL.
3. Output statistiknya adalah sebuah format file proprietary (*.SPV file, mendukung tabel pivot). Output dapat diekspor ke teks, atau microsoft word.
4. Memberikan informasi yang lebih akurat dengan memperlakukan missing data secara tepat


2. MINITAB
Software statistika berikutnya adalah MINITAB yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitab menggabungkan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks. 

Minitab dikembangkan di Pennsylvania State University oleh periset Barbara F. Ryan, Thomas A. Ryan, Jr., dan Brian L. Joiner pada tahun 1972. Minitab didistribusikan oleh Minitab Inc, sebuah perusahaan swasta yang bermarkas di State College, Pensylvania dengan kantor cabang Coventry, Inggris (Minitab Ltd) Paris, Perancis (Minitab SARL) dan Sydney, Australia (Minitab Pty.).

Minitab seringkali digunakan dalam perusahaan industri sebagai implementasi Six Sigma - TQM, CMMI serta metode perbaikan proses yang berbasis statistik lainnya dikenal dengan Design of Experiment (DOE). Minitab Inc, juga membuat perangkat lunak sebagai pelengkap Minitab 16, Quality Trainer dan Quality Companion 3.

Adapun analisis data yang dapat dilakukan oleh Minitab diantaranya :
1. Mengelola data dan file - spreadsheet untuk analisis data yang lebih baik.
2. Analisis Regresi.
3. Power dan ukuran sampel.
4. Tabel dan grafik.
5. Analisis Multivariate : Factor analysis, Cluster analysis, Correspondence analysis, dll.
6. Nonparametric Test : Sign Test, Run Test, Friedmann Test, dll.
7. Time Series dan Forecasting : Time series plot, exponential smoothing, trend analysis.
8. Statistical Process Control (SPC)
9. Analisis sistem pengukuran (measurement).
10. ANOVA, dll

Adapun keunggulan MINITAB dari segi aplikasi adalah 
1. Menyediakan StatGuide sebagai panduan dalam mengolah dan interpretasi data 
2. Ukuran worksheet yang dapat memuat kolom sampai 4000 kolom.
3. Memiliki dua layar primer yaitu Worksheet dan Sesi Command. 
4. Tampilan Menu di Minitab lebih lengkap disertai toolbar yang lebih memudahkan dalam menjalankannya.
5. Mempunyai file Minitab Worksheet (MTW) dan Minitab Project (MPJ) yang digunakan untuk membedakan file worksheet dan file project.
6. Minitab menyediakan ReportPad agar mudah membuat laporan project yang telah dibuat.
7. Menyediakan fasilitas makro untuk membuat program yang berulangkali dipakai, memperluas fungsi Minitab, dan mendesain perintah sendiri, dan bahasa pemograman makro yang lebih mudah.
8. File dapat disimpan dalam nama yang panjang.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment